Tips dan Trik Gulung Sepul CDI AC
Secara umum ada dua jenis sistem pengapian, yaitu AC (alternating
current), dan DC (direct current). Keduanya memiliki kelebihan dan
kelemahan tersendiri.
Sistem AC atau yang disebut juga sepul memakai sumber arus bolak-balik untuk meneruskan sinyal ke CDI. Metode kerjanya adalah tegangan dari sepul diteruskan langsung menuju CDI. Di dalam komponen ini, arus bolak-balik tersebut dijadikan searah oleh diode. Selanjutnya arus searah itu disimpan di dalam kapasitor. Setelah mendapat masukan dari pulser, arus dalam kapasitor dialirkan ke koil. Dari koil arus diteruskan ke busi yang menghasilkan percikan bunga api untuk memicu proses pembakaran. Kinerja sistem AC sangat tergantung pada putaran mesin. Semakin tinggi rpm, output yang dihasilkan semakin besar. Sistem pengapian AC mampu menciptakan tenaga cukup besar di putaran atas. Sebaliknya kurang bertenaga di putaran bawah.
Berbeda dengan sistem AC yang mengandalkan sepul, sistem DC tergantung pada kinerja aki. Karena sumber arusnya berbeda, maka CDI yang dipakai memiliki teknologi lebih rumit. Di dalam komponen CDI ada rangkaian step-up DC to AC. Peralatan ini berfungsi untuk menaikkan tegangan DC aki 12 volt menjadi 400 volt. Karena itu, sepeda motor yang sistem pengapiannya AC tidak bisa menggunakan komponen CDI tipe DC. Begitu pula sebaliknya.
Nah sekarang saya akan mencoba menyampaikan trik bagaimana cara gulung sepul cdi ac secara cepat dan rapi, sebelumnya kita siapkan bahan-bahannya :
1. kawat tembaga ukuran 0.015 mm semakin kecil ukuran kawatnya semakin bagus
2. pulpen bekas buat pegangan agar bias masuk kedalam.
Sistem AC atau yang disebut juga sepul memakai sumber arus bolak-balik untuk meneruskan sinyal ke CDI. Metode kerjanya adalah tegangan dari sepul diteruskan langsung menuju CDI. Di dalam komponen ini, arus bolak-balik tersebut dijadikan searah oleh diode. Selanjutnya arus searah itu disimpan di dalam kapasitor. Setelah mendapat masukan dari pulser, arus dalam kapasitor dialirkan ke koil. Dari koil arus diteruskan ke busi yang menghasilkan percikan bunga api untuk memicu proses pembakaran. Kinerja sistem AC sangat tergantung pada putaran mesin. Semakin tinggi rpm, output yang dihasilkan semakin besar. Sistem pengapian AC mampu menciptakan tenaga cukup besar di putaran atas. Sebaliknya kurang bertenaga di putaran bawah.
Berbeda dengan sistem AC yang mengandalkan sepul, sistem DC tergantung pada kinerja aki. Karena sumber arusnya berbeda, maka CDI yang dipakai memiliki teknologi lebih rumit. Di dalam komponen CDI ada rangkaian step-up DC to AC. Peralatan ini berfungsi untuk menaikkan tegangan DC aki 12 volt menjadi 400 volt. Karena itu, sepeda motor yang sistem pengapiannya AC tidak bisa menggunakan komponen CDI tipe DC. Begitu pula sebaliknya.
Nah sekarang saya akan mencoba menyampaikan trik bagaimana cara gulung sepul cdi ac secara cepat dan rapi, sebelumnya kita siapkan bahan-bahannya :
1. kawat tembaga ukuran 0.015 mm semakin kecil ukuran kawatnya semakin bagus
2. pulpen bekas buat pegangan agar bias masuk kedalam.
Nah cara menggulungnya sebagai berikut :
Solder dulu kawat tembaga ke sambungan kabel. Gulungan searah dengan jarum jam. Diusahakan menggulung dengan rata. Jangan kendor, sampai penuh ke permukaan keren (inti besi) berkisar kurang lebih jika diukur 450 ohm. Semakin ohm nya besar maka lebih bagus dan lebih besar apinya. Panjang kawat menentukan voltase, besar kawat menentukan Ampere. Setelah selesai di lem dengan rapat.
ane pernah coba gulung ulang spul cdi pake kawat yang lebih kecil,tp ga lama dipake kawat spulnya putus,penyebabnya apa gan?
ReplyDeletenarik kawatnya kurang kenceng bro..
DeleteHabis didukung usahakan celup atau lapisi dengan resin agar tidak terjadi gerakan atau goyang. Bisa jadi mutu kawat yg kurang bagus
DeleteHabis didukung usahakan celup atau lapisi dengan resin agar tidak terjadi gerakan atau goyang. Bisa jadi mutu kawat yg kurang bagus
Deleteemang pada dasarnya semakin kecil kawat yang digunakan semakin besar arus yang dihasilkan, tapi resikonya kadang putus pada saat putaran tinggi...
ReplyDeleteAku sependapat dengan anda, nah sebaiknya utk ukuran sedikit lebih besar dgn syarat tarikan gulungan stabil dan rapat tiap lapis oles dengan resin. Jumlah gulungan ditambah agar E yg dihasilkan paling tidak bisa sama atau lebih.
DeleteAku sependapat dengan anda, nah sebaiknya utk ukuran sedikit lebih besar dgn syarat tarikan gulungan stabil dan rapat tiap lapis oles dengan resin. Jumlah gulungan ditambah agar E yg dihasilkan paling tidak bisa sama atau lebih.
DeleteKalo ngatasi panas gimnaa yah
DeleteSedikit meluruskan. Menggunakan kawat lebih kecil tegangan / voltase yang semakin besar.. namun arus / ampere cenderung turun gan..taoi tidak masalah karna cdi tidak butuh ampere yang besar..
DeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeleteijin nyedot gan saya mau belajar
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeleteapa sepul ac diwaktu rpm lambat bisa keluar bunga api di busi
ReplyDeletebisa aja selama spul masih normal(belum terbakar)
ReplyDeletekalo sepul mudah terbakar penyebabnya apa bro... katanya suruh ganti magnet,, udah tak ganti.. eeeee ternyata tetep ja kebakar sepulnya...
ReplyDeletepake spulnya yang ori kalau beli lokal biasanya gak kuat lama,atau kalau ga gulung spul sendri aja.
ReplyDeletebro cra nandain cdi ac ama cdi dc gmna,,
ReplyDeletecdi ac ga pake inverter,cdi dc pake komponen penaik tegangan 12 volt to 220 volt lbih
ReplyDeleteKalu nggulung spul yamaha yz 125 gmana bro... punya gw mati ni padahal mau buat croos
ReplyDeleteApakah ada perkiraan jumlah lilitan, panjang kawat/berat kawat yg diperlukan? Tks.
ReplyDeleteSpul klo di gulung lagi bagus lagi gx ya strum nya....
ReplyDeleteMohon info nya bos
Mtr abis ganti spul kok di geber nggak mau ya.. Ndendat nyendat itu apanya mas .. Awalnya pake spul yg asli gak bermasalah
ReplyDeleteTanya gan. Di ukur pke multi tester skala ac. Tu tegangan ac yg keluar dari spul brp volt gan
ReplyDeletemisi gan ane mau tanya , kan motor tiger ane spul cdinya mati , pengen ane gulung lagi kira2 kawat embaganya pake diameter berapa ia dan banyaknya berapa gram, soalnya ane pake cdi i-max. mohon infonya
ReplyDeleteSalam master.ane mau ty.kmarin gulung sepul lampu.tp stlh an pasang lampu depan ga nyala padahal yng lain normal.apakah kurang amper ktrna yng asliya lebih bsar di banding ynv sy gunakan
ReplyDeleteTrus apakah smbungn dlm gulingn pngruh.?trmaksih
Kmarin ane gulung sepul pngpian dngn kawat yg lbih kcil.tp malah lampu dpan ha kuat nyala ap mungkin amper pngruh.?
ReplyDeleteAne gulung pake kawat 0.015 setelah gulung penuh kog gak keluar tegangan bro....mohon pencerahan..trim
ReplyDeleteAne gulung pake kawat 0.015 setelah gulung penuh kog gak keluar tegangan bro....mohon pencerahan..trim
ReplyDeletemantap ,,,,,makasih ilmunya bro ......
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeletekalo tahanan spool cdi cuma 400 ohm.apakah bisa membuat cdi ac bekerja kang?thank.mohon dijawab
ReplyDeletekalo tahanan spool cdi cuma 400 ohm.apakah bisa membuat cdi ac bekerja kang?thank.mohon dijawab
ReplyDeletekalo tahanannya cuma 400 ohm.apakah bisa membuat cdi bekerja kang?thanks
ReplyDeleteTanya gan. Klo kita gulung spull trus putus tenah jalan boleh ga kita sambung? Pengaruhnya apa klo d sambung tembaganya. Trimakasih gan jawabnya.
ReplyDeleteMaaf gan numpang tanya output volt spul pengapian RC itu berapa volt ya
ReplyDeleteMaaf gan numpang tanya output volt spul pengapian RC itu berapa volt ya
ReplyDeletespul thunder diubah pake spul tiger bisa gk bro?
ReplyDeleteKalo tahanannya cuma 300 bisa egak??
ReplyDeleteapa bener klo utk spul supra x lama...di multi bodi-spul cdi hanya -+190 ohm??klo di perbesar jadi 300+ ohm apakah cdi mampu bertahan lama?
ReplyDeletemohon balasanya,,trmksih
Kalau di tengah lagi gulung tp kawat kurang panjang apa bisa di sambung dg kawat email baru..
ReplyDeleteujung kawat pertama kta solder ke kabel lalu kita gulung searah jarum jm ! mungkin itu buat di sambung ke socket cdi ? Yg sy mau tanya ujung kawat satu ya lagi itu ke mna mngubungknnya
ReplyDeleteke body
DeleteKawat pengapian f1zr stanfard ukrn nya brp ya gan?
ReplyDeleteKalau ukuran kawat spul tiger pengapian brp diameternya lur
ReplyDeleteSaya prnah gulung spul ac..se arah jarum jam..tapi gk kluar...pussing pala berbi.
ReplyDelete.jadi saya balik gulungan nya..bru kluar strum nya...aps msalah nya gan tnk's
Saya prnah gulung spul ac..se arah jarum jam..tapi gk kluar...pussing pala berbi.
ReplyDelete.jadi saya balik gulungan nya..bru kluar strum nya...aps msalah nya gan tnk's
Salam kenal
ReplyDeleteIkut nimbrung nih...
Ukuran kawat untuk spul cdi gl100 yangbenar 0.015 atau 0.15
untuk spul cdi gl100, ukuran kawat 0.015 atau 0.15 kang?
ReplyDeletebagus 0,10mm pak.
DeleteNandain positip negatif nya gimana boss ..itu gulungan ...
ReplyDeleteYang buat ke cdi yang mana...
Gan..sudah tak coba pake kawat0.015 mm.tapi hambatannya kok cuma 265 ohm...kira2 apa effeknya ya...kira2 output tegangan tinggi di bjsi cukup nggak ya...tq...
ReplyDeleteGan..sudah tak coba pake kawat0.015 mm.tapi hambatannya kok cuma 265 ohm...kira2 apa effeknya ya...kira2 output tegangan tinggi di bjsi cukup nggak ya...tq...
ReplyDeleteSip..
ReplyDeleteUntuk maksimal tegangan yg mampu di terima cdi rc berapa ohm ?
Gedein kawatnya dan di perbanyak juga lilitannya itu bisa nambah arus dan ampere
ReplyDeleteYg dimaksud dgn 450 ohm itu apa yahh om ?
ReplyDeleteKlo gulung spul tiger revo pake ukuran brp bosku???
ReplyDeleteMau nanyak nih siapa tau dijawab arah gulungan sepul rm85 antara s1 dan s2 searah semua /bolak balik/bebas yaa ??🙏🙏
ReplyDelete